Skip to main content

Sebuah Cerita Tentang Proses Melahirkan

Ini ceritaku tentang proses melahirkan.
Waktu itu 14 September 2017, suami gue baru aja balik Dari luar kota tanggal 13 September 2017, malamnya abis pulang kerja kami langsung ke dokter buat kontrol kehamilan.

Pas dicek dokternya bilang semuanya bagus, dan itu posisinya sudah jalan 35 minggu. Sesampainya di rumah gua masih sempat menyuci piring cuci baju habis itu istirahat tidur, emang sih pulangnya juga agak malam.
Ternyata di 14 September 2017 dini hari tepatnya jam 01.00 pagi tiba tiba pas lagi tidur itu air ketuban gue pecah.

Langsung deh gue kebangun Dan buru buru bangunin suami gue. Mana kaki gue juga keram yang sebelah kanan, jadilah itu suasana heboh pagi pagi.
Kelihatan sih muka suami gue kaget dan sedikit panik, tapi syukurnya dia sigap. Jadi kita langsung berangkat ke rumah sakit Hermina daan Mogot cuma bawa dompet sama handphone doank. 

Gue sama suami langsung ke IGD, dari IGD langsung di oper ke ruang VK.
Gue menerima perawatan selama sehari itu di ruang vk,  di infus pake obat anti kontraksi dan dipantau detak jantung baby dalem perutnya.  Paginya dokter Katrina dateng usg perut dan bilang kalau air ketubannya masih banyak,  jadi masih aman.
Dokter katrina merupakan tim yang ikut dalam operasi c section bareng dokter dasep di rs Hermina.
Nungguin dokter dasep sampe siang , waktu dateng dia cuma bilang kalo besok operasi,  biar pas 35 minggu.  Terus juga Ada antibiotik & obat untuk pematangan paru untuk debay nya yang di suntikin langsung ke gue.

15 SEPTEMBER 2017
Pagi hari jam 8 nan gue udah di jalan ke ruang OK,  support dari suami , orangtua,  keluarga dan para sahabat berlimpah menguatkan.  Diperjalanan ke ruang OK papa dan mama bilang jangan mikirin apa apa.  Sayangnya suami gak boleh ikut masuk,  kamera juga gak bisa ikut masuk :( padahal rencananya mau di rekam.

Jujur gue berdoa terus,  berdoa supaya semua berjalan lancar dan gak ada kendala.
Sampe di ruang OK gue ketemu sama dokter anestesi buat bius lokal,  rasanya? biasa aja kok,  even 2 x suntik dan sempet tegang diawal juga. Yang pertama kali gue kira udahan,  kan posisinya gak boleh bergerak kl udah pas,  eh ternyata dokter nyuntik lagi,  kaget donk gue.  Gue kira mah udahan gitu,  taunya doikter bilang gak pas. Trus giliran yang ke 2 itu,  gue kira udah juga,  eh taunya obatnya blom masuk coba =,=" hahaha gue cuma bisa ketawa & lagi lagi bilang ke dokter kalo gue kira udahan. Posisi ketika itu adalah duduk dengan sedikit membungkuk,  dengan dokternya di belakang buat nyuntik di area sekitar bawah tulang punggung. Memang ada sedikit nyut di otot sebelah kanan tulang punggung,  tapi ya bisa di tahan deh.

Setelah itu gue tiduran di meja operasinya,  dengan di tutup kain dari leher ke bawah,  jadi gak bisa liat (ya iyalah hahaha)
Dari pinggang kebawah udah langsung berasa kayak kesemutan gitu,  tapi masih bisa berasa kalo ada sesuatu gitu lho,  gimana jelasinnya juga gue susah jelasinnya >.<
Kayak ada yang ser ser gitu,  entah lagi ngapain mereka. Beberapa kali gue tanya ke dokter anestesi yang ada di deket gue,  itu apa wajar masih ada berasa gimana gitu,  katanya normal kok,  tapi sakitnya gak berasakan,  gitu katanya.

Mungkin yang kurang adalah gak ada 1pun dokter yang ngajak ngobrol juga, kan itu triknya biar pasien santai gitu / at least terdistraksi.

Itu 8.30 gue masih sadar,  sampe tiba tiba berasa kalo perut gue di teken teken gitu, trus reflek kan ya mulut gue,  aduh duh gitu.
Dokter dasep langsung nanya kenapa,  sakit ya? pertama gue lupa deh gue jawab apa,  yang jelas pas makin berasa itu tekanan di perut, langsung makin adu duh,  and then seinget gue dokter dasep ngomong kalo yaudah diturunin turunin, lalu dokter anestesi deh kayaknya,  langsung nyuntik gue, masukin obat ke jalur suntikan yang ditangan itu lho.
And then disitulah..  Tiba tiba gambaran cartoon cartoon muncul di kepala gue & puff..  Gak sadarkan diri...

Bangun bangun gue udah di ruangan lain, kayak separo sadar, ngantuk,  teler gitu, gue nanya ini dimana? Coz rame banget kiri kanan gue tuh ranjang rs & suster wara wiri. Ternyata gue ada di ruang pemulihan.

Selama 1 x 24 jam gue gak boleh bangun dulu, tiduran aja di ranjang, makan juga tiduran, besok harinya gue baru belajar duduk, teman teman juga banyak yang datang mengunjungi di hari ke 2 & ke 3 ^^ (thanks guys)

Singkat cerita gue di rawat di RS selama 4 hari dari tanggal 14 dan udah boleh pulang tanggal 17 oktober, tapi si baby masih di rawat di RS, baby baru diperbolehkan pulang tanggal 27 september.

Baby lahir dengan berat badan 2.1 kg dan dia terpaksa masuk inkubator untuk sementara.
karena si baby juga ada tindakan operasi yang harus dia lalui :( jadi dia masuk di nicu dulu untuk beberapa waktu.

Yap setelah itu hari hari baru dimulai :) kehidupan baru dengan pembelajaran baru. Hari dimana kurang tidur dan istirahat. Mengurus dan menjaga bayi, letih dan exhausted namun its worth it.

Bahagia ketika melihat anak kita tersenyum, bertumbuh dan berkembang. Setiap hari adalah pengalaman dan challenge yang baru dalam mengurus buah hati. Baiknya bila kita hargai dan cintai momen tersebut setiap detiknya, karena moment itu tidak akan terulang lagi...

Comments

Popular posts from this blog

Rainbow sport club malibu Cengkareng Review

Hari ini gue nyobain tempat renang baru And jujur aja gue ga bakal renang ke sini lagi.  Tempatnya rainbow sport club malibu Alamat : Perumahan Malibu - City Resort, Cengkareng Telp : 021-569 45014 Tarif : Hari Biasa ,- Sabtu/Minggu/Libur Rp. 20.000,- Jam Buka : Hari Biasa 06:00 AM s/d 08:00 PM, Sabtu/Minggu/Libur 06:00 AM s/d 07:00 PM Lokasi :  Lokasi (Wikimapia) Tempatnya not bad Tapi isinya!! (✖╭╮✖) OMG Kolam renang penuh kaporit. Bahkan kebanyakan kaporit sampe kolam renangnya bau yang bikin akika mual.  And pas gue dateng, rame banget uda kayak pasar yang ngantri sembako gratis.  So, for me i wont come back to this place. Thats my honest opinion. Sayang banget pengelolanya ga mengelola alias memaintenance tempat ini dengan baik.  Semoga ke depannya tempat ini bisa dikelola menjadi lebih baik lagi.  Sekian Warm regards Hime

Jahit Jas Pria

Halo haloπŸ™‹πŸ» Mau Ngepos di sini ah.  Jadi begini, kemarin itu gue jalan jalan bareng sama nyokap ke pasar baru. Awalnya sih kita datang masuk ke metro pasar baru. Parkiran di sana gila seram Coi! Curam banget.  Jadi, kalau misalnya kalian masih pemula bawa mobilnya. gue saranin parkir diluar saja di pinggir jalan.  Situasi metro pasar baru sekarang udah berubah, mungkin karena gue udah lama banget nggak ke sana. Ngapain sih ke sana? Gue ke sana buat nyari tailor alias tukang jahit 😁 Buat kalian yang lagi nyari nyari tukang jahit atau mau bikin jas, Disaranin banget buat jalan ke pasar baru. Karena di sana banyak banget yang bikin jahit jas. Ngobok-ngobok toko selama berjam jam, muterin sana sini, pindah dari satu toko ke toko lainnya Akhirnya balik lagi ke toko paling awal gue datang itu di metro atom pasar baru. Tadinya perjalanan gue udah ke sana kemari, menanyakan harga buat bikin jas banyak yang mahal juga. entah itu dia menembak harganya / gimana,

Campak German

Halo semua. Apa kabar? Cuaca di Jakarta kayaknya lagi nggak menentu ya siang panas malam hujan gede. Sedih deh soalnya lagi sakit. Dokter bilang kena Campak Jerman, kalian tahu nggak sih Campak Jerman itu? Berhubung kata si dokter gue lagi kena itu jadi dipost ini sekalian aja gue bahas ya. Jadi Infeksi virus Campak Jerman ditandai dengan demam tinggi dan ruam merah di permukaan kulit, kadang-kadang disertai nyeri di tenggorokan saat dipakai untuk menelan.  Campak Jerman (Rubella) ini berbeda dengan campak biasa (measles) yang berlangsung lama dan penyembuhan luka yang juga lama. Campak Jerman hanya berlangsung 3 hari dan tidak terlalu berbahaya kecuali pada ibu hamil karena bisa menyebabkan kecacatan janin. Campak Jerman sering mewabah pada cuaca panas dan kering.  Sama seperti flu, virus Campak Jerman juga menular melalui droplet (butiran-butiran dahak yang keluar saat batuk atau bersin). Makanya yang sering kena itu orang kantoran, karena berada di satu ruangan.